KEMENDIKBUD WAJIBKAN SELURUH SEKOLAH TERAPKAN K-13 PADA TAHUN AJARAN 2018/2019

SUARAPGRI - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mewajibkan seluruh sekolah menerapkan Kurikulum 2013 (K-13) pada tahun ajaran 2018/2019.

“Tahun ini adalah tahun terakhir, dan semua sekolah harus menggunakan kurikulum 2013, tanpa kecuali,” kata Dirjen Dikdasmen, Hamid Muhammad, Plt Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.


Di Kalimantan Selatan, penerapan K-2013 telah dilakukan secara bertahap dan secara umum sudah semua sekolah, khususnya tingkat menengah atas (SMA) sudah menerapkan.

“Hanya 11 SMA yang belum, itu pun beberapa sekolah masih baru dan belum mengikuti bimbingan tekhnis tentang K-2013,” kata Gusti Musriyadi, Kasi Kurikulum dan Penilaian SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel Kalsel, Minggu (1/7).

Meski begitu, katanya, untuk tahun ajaran 2019-2020, semua sekolah (SMA) sudah mengaplikasikan K-2013 kepada para siswa.

Sejauh ini, Gusti berujar, sudah 197 SMA di Kalsel menerapkan kurikulum tersebut.

Sebanyak 58 sekolah di antaranya masih dalam masa pelatihan, sehingga nantinya sekolah-sekolah tersebut siap menerapkan K-2013 kepada para siswa.

Menurutnya, diperlukan penyesuaian ketika perubahan kurikulum dengan para siswa, dan guru serta perkembangan yang terjadi.

Sejauh ini, lanjutnya, tidak ada kendala bagi siswa dan guru penerapan K-2013.

“Karena memang sebelumnya dilakukan secara bertahap, sehingga pengaplikasikannya tidak masalah. Beda kalau langsung, akan terkejut baik terhadap siswa maupun para guru,” tutur Gusti.

Tahun ini, sistem yang digunakan oleh Disdikbud Kalsel adalah mengajarkan bimbingan teknis tentang K-2013 kepada para guru.

Bimbingan diperlukan karena untuk menerapkan kurikulum tersebut di sekolah, diperlukan pembelajaran.

“Dalam penerapannya nanti akan di SK-kan oleh Kemendikbud untuk melaksanakan K-2013, dan yang tidak punya SK tidak bisa menjalankan,” terangnya.

(sumber: banjarmasin.tribunnews.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KEMENDIKBUD WAJIBKAN SELURUH SEKOLAH TERAPKAN K-13 PADA TAHUN AJARAN 2018/2019"

Posting Komentar