KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN GELAR PEMILIHAN GURU BERPRESTASI

SUARAPGRI - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy membuka perhelatan Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional 2017, di Plaza Insan Berprestasi Gedung A kantor Kemdikbud jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin malam, 14 Agustus 2017.
Berdasarkan informasi yang di lansir dari laman gatra.com, Peserta pemilihan berasal dari 34 provinsi yang telah diseleksi dari tingkat kecamatan, kabupaten, hingga provinsi. Hasilnya, 798 peserta lolos ke Jakarta untuk mengikuti seleksi tingkat nasional.


Acara pembukaan dimeriahkan dengan sajian paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusantara (GBN) yang anggotanya adalah talenta-talenta muda musik terbaik dari 34 provinsi.
Prosesi dimulai dengan melagukan Indonesia Raya tiga stanza, disusul dengan lagu-lagu kebangsaan lainnya dan lagu daerah. GBN setiap tahun membina generasi muda untuk meningkatkan semangat kebangsaan, nasionalisme yang tinggi, serta semangat membangun Indonesia yang maju ke depan.

Dalam sambutan pembukaannya, Mendikbud Muhadjir Effendy mengungkapkan bahwa GBN adalah wujud nyata dari kebinekaan. Dimana wakil-wakil dari 34 provinsi, memegang alat musik yang berbeda, mampu menyuguhkan pertunjukkan musik yang menawan.
"Anak-anak yang kita siapkan untuk menjadi pemimpin-pemimpin yang memajukan bangsa diantaranya bergabung dalam Gita Bahana Nusantara," ucapnya disambut dengan tepuk tangan yang meriah.

Menurut Menteri Muhadjir, dengan kepekaan rasa akan keindahan, maka akan melahirkan pemimpin-pemimpin yang ketika berpolitik pun akan elegan.
"Problem bangsa Indonesia sekarang, masih banyaknya perilaku-perilaku yang kasar. Dengan ketajaman perasaan akan keindahan maka akan menghindari praktik-praktik kepemimpinan politik yang kotor," pungkasnya.

Mendikbud menegaskan, problem Indonesia saat ini kehilangan rasa kebinekaan.
Karena itu dia mengapresiasi para guru sebagai garda depan untuk tetap menjaga kebinekaan. "Selamat kepada semuanya. Anda semua adalah pemenang. Anda di sini melalui proses yang penuh kejujuran. Pendidikan adalah sumber peradaban.

Kalau di hulunya sudah keruh, jangan berharap di hilirnya akan jernih. Jika dihulunya masih jernih, maka di hilirnya masih bisa diharapkan. Dan Mendikbud tidak ada apa-apanya tanpa guru," katanya.
"Penghargaan prestasi Anda semoga menjadi motivasi guru yang lain. Namun, kemenangan sejati adalah tergantung apa yang Anda kerjakan sepulang ke daerah," katanya. Selanjutnya, Muhadjir membuka secara resmi acara yang digelar dari 14-20 Agustus itu dengan menabuh rebana.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN GELAR PEMILIHAN GURU BERPRESTASI"

Posting Komentar